PRINSIP DASAR BELAJAR BAHASA INGGRIS

 





PRINSIP DASAR BELAJAR BAHASA INGGRIS

            Pada tahun 1921, Dr. Harold Palmer membedakan antara memahami bagaimana bahasa itu digunakan dengan belajar menggunakan bahasa. Sejak saat itu teori pengajaran bahasa modern bermunculan. Prinsip dasar yang dimaksud oleh Palmer adalah belajar bahasa adalah bukan semata-mata mempelajari aturan –aturan dan menghafal banyak kosa kata akan tetapi bagaimana seornag guru mampu membuat anak didik mampu menggunakan bahasa itu sendiri. Kemampuan seorang murid diukur berdasarkan seberapa bangus dia berbahasa inggris bukan seberapa banyak dia tahu tentang bahasa inggris atau tata bahasa dan kosa katanya.
            Penekanan kemampuan yang sebagai ukuran inilah hal yang perlu dilatih dengan keras bagi siswa yang ingin menguasai bahasa inggris. Akan ada drill atau pengulangan di dalam pengajaran bahasa inggris sehingga siswa akan terbiasa dengan sebuah ungkapan untuk menunjukan sebuah expressi. Seperti seorang yang sudah belajar berbagai macam kunci nada di dalam bermain piano tetapi dia tidak mampu bermain piano dengan indah karena kurangnya latihan.
            Untuk menjadi seorang yang ahli atau mahir berbahasa inggris siswa harus mempelajari dan mempraktekan bahasa berdasarkan unit. Unit disini adalah sebuah expresi yang terdiri dari susunan grammar yang benar dan pilihan kosa kata yang tepat pada fungsi yang tepat pula contoh: Bagaimana anda akan menawarkan makanan kepada orang lain” Would you like to have chicken?” seorang siswa yang belajar untuk keperluan komunikasi bukan belajar untuk menjadi pengajar tidak harus tahu analisa dari tata bahasa atau grammar kalimat diatas. Yang dibutuhkan adalah siswa harus mampu menggunakan ungkapan tersebut dalam berbagai macam variasinya.
            Tugas guru dan pembuat silabus adalah bagaimana menciptakan materi yang sudah siap pakai bagi peserta didik dengan memberikan praktek-praktek yang terhindarkan dari kesalahan-kesalahan. Siswa harus dilatih lebih banyak ucapan dan pendengaran daripada  tata bahasa. Pada akhirnya urutan –urutan presentasi pembelajaran bahasa inggris menurut LG Alexander, seorang penulis materi pengajaran bahasa inggris yang cukup terkenal, menyebutkan sebagai berikut, understanding----- speaking------reading-------writing. Kita biasa menyebutnya empat kompetensi bahasa. Kemampuan menulis dan mempelajari tata bahasa adalah kemampuan terakhir yang harus dicapai bukan diawal pembelajaran.

Related Articles
 private bahasa inggris bekasi jakarta
tips memilih kursus inggris anak
peribahasa inggris indonesia
success in IELTS tips and tricks







 

0 Response to "PRINSIP DASAR BELAJAR BAHASA INGGRIS"

Posting Komentar

Sponsor

Sponsor

pop

all posts