manfaat bawang putih bagi kesehatan

Bumbu masak yang satu ini sangat popular di negara-negara Asia seperti Cina, Korea dan Jepang. Di Indonesia juga cukup terkenal dan hampir semua masakan menggunakan bawang putih. Selain aroma dan rasanya yang tajam ada banyak manfaat bawang putih bagi kesehatan.


Manfaat bawang putih bagi kesehatan ada banyak diantaranya bawang putih mengandung fosfor yang berfungsi menyusun tulang dan mengatur metabolisme enegri tubuh. Lemas dan tidak bergairah serta asupan gizi yang kurang normal adalah akibat kekurangan fosfor.






Bawang putih


Manfaat bawang putih bagi kesehatan yang kedua sebagai pencegah penyakit jantung. Bawang putih dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Jika di minum dengan seledri akan menurunkan tekanan darah.


Manfaat bawang putih bagi kesehatan juga sudah ditulis oleh para tabib dari Cina ribuan tahun yang lalu. Aristoteles juga menulis bawang putih untuk pengobatan. Berikut manfaat bawang putih sebagai obat serta khasiatnya; bawang putih


- Sebagai obat untuk menurunkan darah tinggi.

- Sebagai obat untuk menurunkan diabetes.

- Mempercepat reaksi penawar racun.

- Meningkatkan kekebalan tubuh.

- Sebagai antioksidan yang bisa mencegah kanker.

- Sebagai obat asma.

- Mengobati gangguan pencernaan.

Manfaat bawang putih bagi kesehatan akan bekerja dengan baik jika bawang putih dimakan mentah. Memang baunya sangat menyengat tetapi jangan khawatir sekarang sudah banyak extrak bawang putih yang dibuat dan bisa didapat diapotik atau toko obat sehingga tidak menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

Ternyata banyak yah, manfaat buah dan sayur bagi kesehatan terutama bawang putih. Jadi sekarang tidak usah ragu lagi untuk menggunakan bawang putih sebagai bumbu ataupun dimakan mentah , Cuma kalau mau makan bawang putih yang mentah sebaiknya jika kita tidak akan keluar rumah bekerja atau mau ngobrol bersama teman dan yang penting tidak akan ke mesjid untuk sholat berjama’ah. Bawang putih mudah kita dapatkan dan murah harganya silahkan mencoba bau dan rasa yang menyengat dan rasakan khasiatnya.


Sumber : Gizi. Koki. Edisi 0026 April 2012. 08




Rubrik Gizi kesehatan ini , Dra. Emma. S Wirakusumah. Msc. Ahli Gizi dan




Kuliner.










0 Response to "manfaat bawang putih bagi kesehatan "

Poskan Komentar

Sponsor

pop

all posts