cara memasak sayuran dengan benar


Makan sayuran sangat baik bagi kesehatan akan tetapi cara memasak sayuran dengan benar juga perlu diperhatikan. Kandungan gzi sayuran sangat banyak mulai dari vitamin dan mineral. Namun demikian sifat kandungan gizi tersebut mudah rusak apabila cara memasaknya tidak benar, bagaimana cara memasak sayuran yang benar?
asparagus


Cara memasak sayuran dengan benar perlu memperhatikan kelompok sayuran itu sendiri. Berikut adalah kelompok sayuran secara umum.

1. Sayuran buah yaitu tomat, cabe, buncis, jagung, terong dan timun.

2. Sayuran daun yaitu bayam, kangkung, daun singkong, daun melinjo, daun papaya dan masih banyak lagi.

3. Sayuran bunga yaitu pakis,kembang kol, brokoli dan bunga turi.

4. Sayuran umbi yaitu ubi, singkong, wortel, lobak dan kentang.

5. Sayuran batang seperti rebung, dan asparagus.

6. Sayuran kacang-kacangan yaitu kacang tanah, kacang polong, kedelai dan kacang kapri.

Cara memasak sayuran dengan benar haruslah menghasilkan makanan atau sayuran matang yang kandungan gizinya tidak rusak dan hilang. Sayuran juga harus steril dari bakteri dan spora yang merugikan tubuh manusia. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan pemanasan. Namun demikian, cara memanaskan sayuran bermacam-macam. Ada beberapa metode pemanasan untuk memasak sayuran.
vegetables


- Cara memasak sayuran dengan mengukus. Cara ini adalah cara terbaik untuk memasak sayuran baik yang berupa daun, buah, ataupun umbi-umbian. Kandungan gizi yang ada pada sayur tidak hilang dan tidak rusak dengan mengukus pada suhu tertentu dan jangka waktu tertentu. Asalkan tidak terlalu matang kandungan gizi sayuran tidak akan rusak. Mengukus hanya untuk melayukan dan melembekkan sayuran. Namun cara mengukus tidak menghasilkan makanan yang lezat karena sayuran yang dikukus hanya bisa dimakan sebagai lalaban atau sebagai lotek seperti gado-gado dan pecel.



- Cara memasak sayuran dengan menumis. Cara ini juga bagus. Namun tidak semua sayuran bisa di tumis. Hanya beberapa jenis sayuran buah dan daun yang cocok untuk ditumis seperti kangkung, daun papaya, buncis dan kacang panjang. Metode ini akan melarutkan gizi sayuran dalam minyak dan air untuk menumis. Jadi makanlah kuah tumisan walaupun sedikit karena sebagian vitamin larut di dalamnya.





- Cara memasak sayuran dengan merebus. Cara ini kurang bagus karena kandugan gizi sayur akan larut dalam air, dan rusak karena kadang kita merebus dengan air yang mendidih dan bersuhu tinggi. Setelah direbus air rebusan sayuran bukanya kita makan malah dibuang.



- Cara memasak sayuran dengan memberi kuah. Cara ini juga bagus karena kandungan gizi yang larut pada kuah bumbu atau santan akan kita makan. Misalnya kita memasak soup. Didalam soup ada kentang, wortel, jagung, daun bawang, kol, brokoli dan lain-lain. Perlu diingat, untuk memasukan sayuran sebaiknya apabila bumbu sudah masuk semua dan air sudah mendidih baru kita masukan sayuran dan jangan masukan sayuran yang cepat rusak seperti daun bawang terlalu lama dan terlalu panas. Masukan sayuran yang perlu pemanasan lebih lama terlebih dulu seperti jagung dan kentang.

Cara menyiapkan sayuran juga perlu diperhatikan. Siangi dan cucilah terlebih dahulu sebelum dipotong agar vitamin yang larut dalam air tidak hilang ketika kita mencuci sayur. Masak bumbu terlebih dahulu sampai matang baru masukan sayuran dan panaskan secukupnya sampai matang tetapi jangan terlalu matang.

0 Response to "cara memasak sayuran dengan benar "

Posting Komentar

Sponsor

Sponsor

pop

all posts