manfaat air bagi kesehatan kulit

Air mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan kulit. Ada beberapa manfaat air bersih  bai kesehatan kulit yang bisa kita peroleh. Kita akan memperoleh manfaat itu dengan melakukan beberapa hal sebagai berikut;
1.      Membasuh muka
Membasuh muka bisa menyegarkan kulit muka. Jangan ragu-ragu apabila anda sedang lelah, berkeringat, stress ataupun tidak sedang melakukan apa-apa akan tetapi sudah beberapa jam tidak menyentuh air. Basuhlah muka anda ketika sudah tidak nyaman dengan kulit wajah. Jangan khawatir dengan bedak dan kosmetik yang anda pakai. Kesehatan kulit lebih mahal daripada sekedar kosmetik.
2.      Mencuci tangan
Ini sangat penting terutama ketika anda mau makan. Ajarkan ini pada anak-anak. Mereka harus membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan meskipun tidak menggunakan sabun, dari pada menggunakan cream pencuci tangan yang terbuat dari bahan kimia. Mengalirnya air dari tangan anda akan membawa pergi segala macam jenis kuman atau bakteri yang menempel di tangan. Membersihkan tangan dengan krim  pencuci tangan tidak bisa membuang kuman, hanya sebagian bakteri saja ditambah lagi bahan kimia dari krim tersebut masih tersisa di tangan anda.
Basuhlah tangan anda dan keringkan dengan tisu atau sapu tangan. Anda akan merasakan kesegaran yang luar biasa dan tangan anda menjadi lembut.

3.      Mencuci kaki
Disela –sela kesibukan anda, perlu kiranya mencuci kaki, agar kulit kaki selalu segar. Jamur kulit dan kuman-kuman lain yang menempel dikaki anda yang berasal dari kaus kaki atau sepatu anda akan kabur bersama tetesan air. Jangan lupa keringkan sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu anda. Kalau anda memakai kaus kaki atau sepatu dalam keadaan kaki masih basah akan menyebabkan timbulnya jamur kulit.
4.      Mencuci bagian kemaluan dan selangkangan
Bagi anda yang aktif bekerja di kantor atau di lapangan tanpa anda sadari bagian kemaluan dan selangkangan anda akan lembab dan berkeringat. Hal ini menyebabkan timbulnya jamur kulit yang menyebabkan gatal-gatal di organ vital anda. Sungguh sangat tidak nyaman bila anda garuk-garuk. Pada saat buang air kecil siramlah anggota kemaluan dan bagian selangkangan anda dengan air bersih, walaupun tidak menggunakan sabun.  Keringkan dengan tisu, sapu tangan atau handuk. Pakailah kembali celana dalam anda setelah kemaluan dan selangkangan anda kering. Jangan lupa setelah kering. Kegiatan ini membuat kulit selangkangan dan kemaluan anda segar dan selalu bersih. Bakteri yang menempel dan mulai berkembang karena keringat anda yang lembab akan hilang bersama guyuran air. Anda akan merasa nyaman dan segar layaknya selesai mandi.
5.      Mandi
Tentu anda bisa merasakan manfaat mandi bagi anda yang rajin mandi sehari dua kali minimal. Jangan tidur sebelum anda mandi. Jika anda pulang kerja malam hari , mandilah dengan air hangat. Ini akan membuat badan anda segar dan kulit anda akan bernafas dengan baik.

Air yang begitu besar manfaatnya kadang sering kita tidak sadari.  Kita sering membuang air dengan sia-sia. Lihatlah disekitar kita bagaimana orang menggunakan air dengan tidak bijaksana. Mereka menyiram bunga mereka dengan menyemprotkan air dari kran begitu banyak. Padahal satu pot bunga cukup dengan segelas air. Maka dari itu marilah kita jaga air yang begitu banyak manfaatnya. Janganlah kita mencela hujan yang turun yang akan mengisi sumur-sumur kita.

0 Response to "manfaat air bagi kesehatan kulit "

Posting Komentar

Sponsor

Sponsor

pop

all posts